Bahaya Donasi Online

Bahaya Donasi Online – Istilah ‘zaman online’ merujuk pada masa di mana ada banyak hal bisa dilakukan secara online, termasuk berbelanja baik barang maupun jasa. Selain itu, zaman online juga merambah pada bidang donasi sehingga kemudian ada istilah lain yang dikenal dengan donasi online. Sayangnya, bahaya donasi online ini tak urung membuat calon donatur menjadi waswas.

Hal ini dikarenakan tidak semua pihak yang menawarkan donasi online di Indonesia bisa dipercaya. Mereka mengatasnamakan berbagi kebaikan hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Memang tidak semua penyedia donasi online seperti itu, hanya saja ini tetap membuat banyak masyarakat merasa khawatir dana yang didonasikannya tidak sampai pada tangan yang berhak.

Penjelasan Lengkap Mengenai Bahaya Donasi Online

Berbagai bahaya donasi online tentu harus diwaspadai oleh siapapun yang hendak mendonasikan hartanya. Pasalnya, sekarang pihak-pihak tidak bertanggung jawab semakin pintar dalam mencari pendapatan dengan cara yang tidak benar. Bahkan jika hendak diamati, ada sejumlah website donasi online yang tidak benar-benar menyalurkan dana yang diterimanya.

Hal ini tentu berimbas pada website donasi online terpercaya yang juga turut dipertanyakan kejujurannya. Belum lagi jika ternyata website yang tidak terpercaya tersebut masih meminta calon donatur untuk mencantumkan rekeningnya. Ini bisa menjadi kesempatan yang besar bagi oknum-oknum tersebut untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak.

Bahaya donasi online yang juga perlu diwaspadai ialah jika ada syarat yang mengharuskan calon donatur untuk mengklik suatu tautan tertentu. Donatur awam yang tidak terlalu paham dengan hal ini tentu akan mudah melakukan klik tersebut tanpa tahu potensi tak menyenangkan apa yang ada di dalamnya.

Bisa saja tautan tersebut mengandung virus yang menyebabkan peluang terjadinya  pencurian data pribadi lebih besar.

Baca Juga: Pengertian Donasi dan Donatur

Tips Agar Terhindar Dari Bahaya Donasi Online

Sekali lagi, meskipun keberadaan pihak-pihak tidak bertanggung jawab mengharuskan Anda untuk berhati-hati dengan bahaya donasi online, namun tidak semua penyedia layanan donasi seperti itu. Faktanya, memang ada beberapa website yang bisa dipercaya.

Contohnya seperti donasi online Rumah Zakat. Website ini telah memberikan kemudahan dan ketenangan bagi setiap orang yang ingin menyalurkan dananya secara aman hingga sampai pada tangan yang seharusnya.

Lalu adakah tips yang bisa membantu seseorang agar bisa terhindar dari bahaya donasi online? Jawabannya adalah ada. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Kenali Website Donasi Online

Di Indonesia sudah ada penyedia donasi online yang begitu terkenal seperti donasi online dompet dhuafa, Rumah Zakat dan lain sebagainya. Namun, sebelum Anda melakukan donasi bahkan di website-website terkenal seperti itu, Anda tetap disarankan untuk memeriksanya terlebih dahulu.

Utamakan untuk mencari tahu rekam jejak website donasi online yang ingin Anda manfaatkan. Atau bisa juga dengan melihat review atau komentar dari orang-orang yang sudah pernah menggunakannya. Jika memungkinkan, carilah pula dokumentasi dari berbagai kegiatan yang dilakukan karena umumnya, website terpercaya tidak akan sungkan untuk mengekspos kegiatan yang telah dilakukan.

Jika kamu mencari website donasi online terparcaya, kamu bisa pilih yang sudah memiliki kantor resmi dan selalu update informasi di sosmed/website, seperti: kitabisa.com, UNICEF, dll

2. Pastikan Bahwa Website Donasi Online Tersebut Aman

Tips lain agar Anda terhindar dari bahaya donasi online ialah memastikan bahwa website yang hendak dituju aman. Hal ini perlu dilakukan karena selalu ada kemungkinan bahwa website mengandung spyware atau hal-hal merugikan lainnya. Jika Anda sampai keliru bertransaksi dengan website yang demikian, maka data-data pribadi Anda bisa lebih mudah dicuri.

Salah satu cara untuk memastikan keamanan website ialah dengan meninjau ikon gembok berwarna hijau yang terdapat pada kontak URL browser. Keberadaan ikon ini pada dasarnya memang menjadi petunjuk bahwa suatu website aman dikunjungi.

Bahaya dari donasi online memang patut untuk diwaspadai. Namun, sebaiknya hal ini tidak membuat Anda menjadi takut melakukan donasi secara online untuk membantu sesama. Kalaupun Anda merasa bahwa ada hal yang aneh dari website yang Anda gunakan untuk berdonasi, jangan ragu untuk melaporkan hal tersebut pada bank rekening Anda untuk mengantisipasinya. Semoga bermanfaat.

Kategori Blog

Tinggalkan komentar