Cara Berhenti Donasi UNICEF Paling Cepat

cara berhenti donasi unicef

Cara Berhenti Donasi UNICEF – Tujuan saya menulis artikel tentang cara berhenti donasi UNICEF di Indonesia dengan benar dan mudah ini adalah untuk membantu para donatur yang ingin berhenti menjadi donatur UNICEF namun tidak mengetahui caranya, berikut informasi lengkapnya.

Cara Cepat Berhenti Donasi UNICEF

Sebelum mengetahui cara berhenti donasi UNICEF, sebaiknya anda mengetahui apa saja yang telah dilakukan oleh organisasi tersebut. UNICEF berperan dalam mendukung Pemerintah Indonesia dalam menjaga hak kelangsungan hidup, perlindungan dan perkembangan anak di negara ini. Anak-anak adalah masa depan bangsa yang harus dipastikan kesejahteraannya.

Salah satu yang sering dilakukan oleh organisasi ini adalah memberikan donasi secara langsung untuk membantu anak di daerah terpencil. Organisasi kemanusiaan ini juga sangat aktif terjun secara langsung ke lokasi bencana yang terjadi di Indonesia, contoh yang paling baru adalah saat terjadi gempa besar di pulau Sulawesi yang menelan banyak korban jiwa.

Sekilas UNICEF Indonesia

Menurut Wikipedia, UNICEF (United Nations Children’s Fund) adalah sebuah organisasi global yang dibentuk oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), Organisasi ini dibentuk dengan tujuan yang sangat mulia yaitu memberikan bantuan kepada anak-anak dan ibunya pada negara berkembang.

Bantuan ini menyangkut kemanusiaan serta perkembangan kesejahteraan dalam jangka waktu panjang, tentunya dalam hal ini yang menerima bantuan tersebut adalah anak-anak yang tidak beruntung. Indonesia sudah menjadi anggota organisasi ini sejak tahun 1948, namun perjanjian kerjasama resminya dilakukan tahun 1949.

Sejarah Singkat UNICEF di Indonesia

UNICEF mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1948 dengan tujuan memberikan bantuan darurat pada bencana kelaparan di pulau Lombok, setahun kemudian kerjasama resmi dimulai dengan ditandai pembangunan dapur susu di kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta dipilih karena pada saat itu pemerintahan Indonesia adalah Yogya, karena masih berselisih dengan pihak Belanda.

Setelah enam dekade perkembangan organisasi ini sangat luas di wilayah Indonesia, tujuan utama organisasi ini adalah untuk memastikan kesejahteraan anak-anak dan perempuan. Fokus utama banyak dilakukan ke daerah pedalaman yang masih tertinggal, UNICEF juga mendukung kesejahteraan anak dengan berbagai upaya hukum dan kebijakan pemerintah pusat.

Peran UNICEF dalam Dunia Internasional

UNICEF memiliki peserta hingga 190 negara di seluruh bagian dunia, selama 70 tahun telah melakukan kontribusi besar untuk membantu semua anak di seluruh dunia, termasuk daerah konflik. Hak intrinsik setiap anak tersebut di atur dalam Konvensi Hak Anak. Kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan adalah hal utama yang harus diberikan kepada anak-anak.

Bidang strategis UNICEF mencakup pendidikan dasar untuk anak dan kesetaraan gender, serta kelangsungan hidup dan pembangunan. HIV / AIDS yang menyebabkan anak menjadi yatim juga dapat dibantu oleh organisasi ini, selain itu perlindungan anak juga diberikan dalam berbagai upaya nyata seperti kemitraan untuk hak anak dan advokasi.

Semua kegiatan UNICEF Indonesia akan dilaporkan kepada publik melalui Laporan Tahunan (Annual Report). Untuk kegiatan tahun 2018 selengkapnya dapat diunduh pada laman https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/unicef-indonesia-laporan-tahunan-2018 (tersedia bahasa Indonesia dan Inggris).

Lima Kantor Lapangan UNICEF

Pada situs juga terdapat nomor telepon yang dapat dihubungi untuk menanyakan berbagai hal mengenai donasi. Anda juga bisa menghubungi organisasi tersebut melalui email yang tertera pada situs resmi atau mengunjungi kantor pusat yang terletak di Jakarta dan lima kota lainnya, jika ternyata anda ingin menjadi relawan mungkin dapat datang langsung ke kantor pusat atau lapangan.

  1. Surabaya (Jawa Timur)
  2. Kupang (NTT)
  3. Banda Aceh (Aceh)
  4. Jayapura (Papua), dengan Papua Barat dan Manokwari sebagai operasi tambahan.
  5. Makassar (Sulawesi Selatan), dengan Maluku Utara dan Ambon sebagai operasi tambahan.

Kantor di Jakarta
World Trade Center 6, Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 31, RT.8/RW.3, Kuningan, Karet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

SOSIAL MEDIA UNICEF INDONESIA

UNICEF Indonesia Twitter: https://twitter.com/unicefindonesia
UNICEF Indonesia Facebook: https://www.facebook.com/UNICEFIndonesia
UNICEF Indonesia Instagram: https://www.instagram.com/unicefindonesia/
UNICEF Indonesia Website: https://www.supportunicefindonesia.org/

Alasan Donasi di UNICEF Indonesia

1. Perlindungan Anak

UNICEF membantu perlindungan anak dengan membangun sistem yang komprehensif, sistem ini dibangun secara nasional untuk mencegah berbagai hal yang dapat merugikan anak. Banyak sekali hal yang dapat terjadi pada anak seperti pelecehan, kekerasan, exploitasi dan penelantaran. Organisasi membantu dalam berbagai hal termasuk proses hukum dengan pendampingan advokat.

2. Pendidikan Anak dan Remaja

Menurut sebuah survei, ada sekitar 4,4 juta anak dan remaja usia 7 hingga 18 tahun di Indonesia yang tidak sekolah. Hal ini banyak terjadi pada daerah pedalaman yang terpencil, sehingga sulit mendapatkan akses pendidikan. UNICEF telah bekerja sama dengan pemerintah untuk memecahkan masalah tersebut, sehingga banyak anak yang bisa sekolah.

3. Kesehatan Ibu dan Anak

Kesehatan ibu, bayi baru lahir dan anak-anak menjadi fokus utama penerima bantuan donasi UNICEF. Anak-anak sangat rentan terserang berbagai penyakit karena sistem imumnya yang belum terbentuk dengan sempurna. Organisasi ini memberikan dukungan berupa fasilitas kesehatan, kebijakan kesehatan dan program lainnya yang berhubungan dengan sanitasi.

4. Nutrisi Anak

Nutrisi ini sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak, banyak sekali anak di Indonesia yang kebutuhan gizinya belum terpenuhi. UNICEF terlibat aktif dalam berbagai kebijakan yang dapat meningkatkan mutu gizi anak di seluruh wilayah Indonesia. Dukungan ini juga dilakukan sampai ke wilayah yang sulit dijangkau, seperti desa tertinggal.

5. Wash

Ketersediaan air bersih, sanitasi yang baik dan kebersihan adalah salah satu program yang diperhatikan UNICEF. Indonesia sebagai negara berkembang memiliki banyak penduduk yang tidak memahami sanitasi dengan baik. Program wash akan memastikan percepatan pasokan air daerah terpencil, sanitasi dan kesehatan masyarakat.

Banyak lagi program bermanfaat lainnya yang dibangun oleh UNICEF, cara berhenti jadi donatur UNICEF mungkin sangat mudah dilakukan. Namun tentunya manfaat seperti diatas sangat membutuhkan dukungan donasi anda.

Cara Donasi Online di UNICEF Indonesia

Untuk mengetahui cara berhenti donasi UNICEF, tentunya anda harus lebih dulu melakukan donasi. Berdonasi di organisasi ini sangat mudah dilakukan, seperti disebutkan sebelumnya bisa melalui situs resmi. Anda dapat mulai melakukan donasi di manapun dan kapanpun sehingga tidak mengganggu kegiatan, Berikut empat cara singkat yang dapat dilakukan untuk berdonasi secara online.

panduan donasi online

1. Kunjungi Situs UNICEF

Hal pertama yang dilakukan adalah mengunjungi situs resmi UNICEF, untuk berdonasi anda bisa mengunjungi website supportunicefindonesia.org. Anda dapat membuka laman tersebut melalui komputer, laptop atau bahkan smartphone agar lebih mudah. Ketika membuka alamat tersebut maka akan langsung masuk ke menu donasi.

Tampilan situs donasi ini akan memuat tipe donasi yang diinginkan, jumlah donasi dan juga referensi anak-anak yang akan menerima bantuan. Anda juga dapat melihat beberapa komentar para pendekar anak mengenai donasi yang dilakukan, para donatur rutin ini disebut pendekar anak oleh organisasi tersebut.

2. Pilih Tipe Donasi

Ada dua tipe donasi yang dapat dilakukan, yaitu donasi rutin dan donasi satu kali. Donasi rutin dilakukan setiap bulan dengan jumlah tetap yang telah disepakati diawal, Donasi jenis ini dilakukan secara langsung atau autodebit setiap bulannya pada tanggal yang sama. Sedangkan untuk donasi satu kali dapat dilakukan kapanpun anda ingin berdonasi secara manual.

Donasi rutin sangat membantu bagi anda yang memiliki banyak pekerjaan namun tetap ingin berpartisipasi. Proses autodebit membuat anda tidak perlu repot melakukan transfer setiap bulan untuk berdonasi, sedangkan bagi anda yang hanya ingin sesekali berdonasi dapat memilih sekali donasi saja.

3. Isi Data Diri

Langkah selanjutnya adalah pengisian data, seperti nama lengkap, alamat email dan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi. Jika anda memilih donasi rutin, pilihan yang ada hanya credit card yang ditagih setiap bulannya. Sedangkan jika anda memilih untuk berdonasi satu kali, terdapat beberapa pilihan seperti credit card, bank transfer dan lainnya.

Jumlah donasi yang diinginkan dapat dipilih sesuai dengan kemampuan anda, donasi bisa mulai dari 150 ribu hingga tidak terbatas, dengan melengkapi data diri ini maka anda secara resmi telah bergabung sebagai bagian dari UNICEF. Sekecil apapun bantuan yang diberikan akan sangat berarti untuk anak-anak di daerah-daerah terpencil.

4. Pilih Cara Berdonasi

Cara untuk melakukan donasi sangat beragam untuk sekali donasi. Namun jika anda ingin melakukan donasi rutin maka harus memiliki kartu kredit. Silahkan pilih salah satu cara donasi yang paling nyaman bagi anda. Cara berdonasi bisa melalui kartu kredit, internet banking, bank transfer dan conveniece store yang bekerjasama dengan UNICEF.

Conveniece store yang bekerjasama adalah Alfamart, Alfaexpress, Dan-Dan, Alfamidi, dan Lawson. Kode unik diberikan untuk membayar donasi melalui conveniece store tersebut.

2 Cara Berhenti Donasi UNICEF Indonesia

Pertanyaan mengenai cara berhenti donasi UNICEF banyak dilakukan oleh para donatur rutin, ada dua cara yang dapat dilakukan seperti dibawah ini :

  • Melalui Telepon
    Cara berhenti donasi di UNICEF yang pertama adalah melalui telepon, anda dapat menghubungi nomor call canter UNICEF (021) 8066 2100. Layanan ini buka setiap hari, mulai dari hari Senin hingga Jumat pukul 9 pagi sampai 5 sore. Sampaikan alasan yang masuk akal untuk berhenti donasi, proses ini sangat cepat dilakukan sehingga anda tidak perlu menghubungi dua kali.
  • Melalui Email
    Cara berhenti donasi UNICEF yang kedua adalah melalui pesan email, alamat pengiriman pesan adalah ids.donorlove@unicef.org. Anda dapat menyampaikan pesan melalui email dan alasan mengapa ingin berhenti donasi, nantinya anda akan mendapat email balasan dari pihak UNICEF dan donasi segera di hentikan.

Setelah sekian lama berdonasi ada saatnya anda ingin berhenti dengan alasan tertentu, cara menghentikan donasi UNICEF sangat mudah dilakukan karena semua keputusan untuk berdonasi sepenuhnya adalah hak anda.

Cara Menghubungi Unicef Indonesia Terkait dengan Donasi

Bagi anda yang ingin ikut bergabung sebagai salah satu donatur untuk kesejahteraan anak-anak Indonesia dapat menghubungi pihak UNICEF, situs organisasi ini dapat dikunjungi setiap saat untuk memudahkan yang ingin berdonasi. Cukup masuk ke situs dan pilih tipe donasi yang di ingin dilakukan, semua pengisian data yang diperlukan akan dilakukan secara online setiap saat.

Donasi menjadi sangat mudah karena disediakan dalam berbagai cara. Setiap orang bisa berdonasi melalui kartu kredit, internet banking, kartu debit, transfer bank dan coveniece store. Bagi anda yang ingin berdonasi secara rutin dapat melalui kartu kredit yang di autodebit setiap bulannya, sedikit uang yang didonasikan akan sangat membantu setiap anak yang kurang beruntung.

Itu tadi informasi yang dapat saya sampaikan tentang Cara Berhenti Donasi UNICEF dengan Benar, Berdonasi tidak harus dilakukan saat anda mampu, Donasi adalah keinginan di dalam diri untuk membantu sesama meski hidup tidak terlalu kaya. Beberapa alasan mungkin dapat menghentikan aksi donasi anda, Namun kembalilah berdonasi setelah merasa mampu kembali.

Bebas Copas : http://bit.ly/unicefseo
Cara Berhenti Donasi UNICEF

Kategori Blog

5 pemikiran pada “Cara Berhenti Donasi UNICEF Paling Cepat”

Tinggalkan komentar