Hubungan Content Marketing dan SEO

Hubungan Content Marketing dan SEO
Content Marketing (pemasaran konten) dan SEO, merupakan kedua hal yang sebenarnya berhubungan namun terkadang berseberangan. Bagi kamu seorang pekerja SEO pastilah pernah berargumen dengan pekerja pemasaran konten, begitu juga sebaliknya. Namun sebenarnya kedua hal ini saling membutuhkan dan jika dipadukan dapat membuat kesuksesan pada strategi marketing suatu website.

Untuk pemasaran konten yang baik dan benar pastilah membutuhkan SEO sebagai optimasi dalam mesin pencarian ke website yang diinginkan. Begitu juga sebaliknya hampir semua jenis website yang menggunakan SEO, akan bergantung dengan kualitas konten itu sendiri. Lalu bagaimana cara memadukannya? Berikut artikel yang dapat mengubah mindset SEO kamu menjadi pemasaran konten maupun sebaliknya.

LEBIH DEKAT DENGAN CONTENT MARKETING

Content Marketing atau dalam bahasa yang kita pakai menyebutnya pemasaran konten, merupakan upaya-upaya untuk memasarkan suatu website agar dikenal banyak orang melalui kualitas konten yang disediakan dengan baik dan bermanfaat bagi pembacanya, dengan tujuan lainnya yaitu mengenalkan website tersebut, entah itu perusahaan, berita, blog, produk, organisasi, hingga website jual beli online.

Contoh penerapan dalam pemasaran konten yaitu, jika kamu menjual alat-alat pertukangan untuk bangunan, lalu kamu berinisiasi untuk membuat konten-konten artikel mengenai apa yang kamu jual, seperti “tips trik mengecat ulang rumah”, “bagaimana memilih cat yang bagus”, Cara memperbaiki atap bocor”, dll. Lalu dengan demikian jika ada orang yang mencari artikel seperti itu akan sekaligus pergi ke website penjualan produkmu.

Mungkin hanya dengan penjelasan mengenai apa itu pemasaran konten, kamu sudah ada clue bagaimana hubungan antara content marketing dan SEO. Karena seorang pekerja pemasaran konten butuh pengetahuan mengenai SEO supaya konten-konten seperti contoh diatas bisa mendapatkan posisi yang terlihat di mesin pencari seperti Google. karena google adalah sumber traffic terpadat, sehingga kamu butuh strategi untuk memenangkannya.

LEBIH DEKAT DENGAN SEO

Mungkin karena SEO lebih terkenal, maka kamu sebagai orang yang bekerja di bidang SEO pastilah tahu celah-celah atau trik-trik untuk mendapatkan posisi yang terlihat di mesin pencari. Bisa dari mempermainkan keywordnya, menggunakan backlink, hingga melakukan social media bahkan ada pula yang dengan sangat antusiasnya, ia memperbanyak keywordnya padahal isi kontennya tidak berhubungan.

Namun sayang sekali, bagi kamu yang masih berpikiran begitu, kamu sebaiknya berbenah karena di masa ini dan di masa depan untuk memenangkan SEO tidak dapat menggunakan trik-trik seperti diatas. Kita dapat menemukan jalan yang benar dengan cara memahami apa yang sebenarnya unsur-unsur dalam SEO itu inginkan, Berikut ke-3 unsur tersebut yang harus kamu pelajar dan pahami :

1. Pengguna atau User
Mereka adalah khalayak umum yang menuliskan kata-kata di mesin pencari untuk mereka cari. Jadi Mereka ingin mendapatkan informasi terbaik untuk ‘hal’ itu.

2. Website
Kamu sebagai pengembang web tentunya ingin mendapatkan posisi teratas di mesin pencari, agar orang-orang yang mencari ‘hal’ itu dapat langsung menuju ke website mu

3. mesin pencari
mesin pencari ingin dapat menyediakan informasi terbaik untuk penggunanya, sebagai contoh agar sang pengguna bisa mendapatkan informasi terbaik mengenai ‘hal’ itu

So, jika kita rangkum. Pengguna menginginkan informasi terbaik di internet dengan cepat. Lalu agar dapat tercapai keinginan pengguna, mesin pencari ingin menaruh informasi terbaik yang ia dapatkan di posisi teratas. Maka dari itu kamu sebagai pengembang website haruslah menyediakan informasi terbaik agar mendapatkan posisi teratas. Sebab itulah kontent mempengaruhi SEO, karena konten yang bagus sama saja dengan informasi yang bagus.
LEBIH DEKAT DENGAN SEO

JADI KITA HARUS FOKUS KE KONTEN NIH ?

Eiitss, hati-hati. Seperti judulnya “Memadukan Antara Content Marketing dan SEO” maka kita tidak bisa bergantung hanya kepada konten. Karena tidak semua konten-konten yang berisikan informasi yang baik dan bermanfaat dapat memenangkan kompetisi ini, kamu harus juga tahu mengenai aturan-aturan SEO agar tidak membuat konten yang asal-asalan. Berikut aturan-aturan yang juga harus dipahami mengenai SEO:

1. Selalu Utamakan Kualitas Sebuah Informasi Dalam Konten
Logikanya sangat gampang, orang tidak akan mau mendapatkan konten yang berisikan informasi yang jelek, apalagi mesin pencari juga tidak ingin mendapatkan konten berkualitas rendah tersebut dan menaruhnya di posisi teratas hasil pencarian.

Jadi semakin banyak websitemu memiliki konten berkualitas rendah, otomatis semakin rendah juga kualitas websitemu pada setiap bagiannya.

Berikut artikel yang dapat membantu kamu :
· Cara membuat sebuah konten unggulan
· Cara menulis Artikel yang baik dan SEO-Friendly

2. Kuantitas Konten Jangan Dijadikan Hal yang Penting
Kuantitas tidak menentukan kualitas websitemu, sehingga tidak merubah pada kemajuan di website tersebut, kecuali jika kamu memiliki banyak penulis-penulis yang memang hkamul membuat konten yang baik. Sehingga dapat menerbitkan banyak konten yang berkualitas dan beda dari yang lain.

3. Mesin pencari memperhatikan suatu halaman website, bukan websitenya
Jumlah halaman yang kamu punya di suatu website tidak mempengaruhi peringkat di google, entah itu kamu punya 5, 8 , bahakan 100. Karena umumnya mesin pencari akan menampilkan 1 halaman saja dari 1 website. So , kembali lagi untuk utamakan kualitas kontennya

4. Konten yang Berkualitas Masih Belum Cukup
Memang kualitas konten diutamakan, namun ingat, mesin pencari bukanlah manusia. Ia memang dapat menentukan apakah konten tersebut baik atau tidak, tapi hal pertama yang ia lakukan bukanlah membacanya, melainkan kepuasan pembaca yang sudah membacanya.

Jadi jika kamu sudah menerbitkan suatu konten yang memang baik, maka sebarkanlah dahulu kepada orang lain, agar mengetahui keberadaan konten tersebut.

Baca juga : cara mempromosikan konten yang baik dan benar

5. Ingat Aturan Penggunaan Keyword
Meskipun isi dari konten itu bagus, namun kamu juga harus mengetahui aturan-aturan dalam penggunaan keyword, karena hal ini memegang peran yang penting dalam SEO. Berikut 4 kesalahan dalam menggunakan keyword pada konten yang harus kamu hindari:

– Keyword Stuffing
Menaruh keyword yang dipakai berulang-ulang dalam satu halaman

– Keyword Umum
Menggunakan keyword yang sangatlah umum dengan pengertian yang juga sangatlah luas

– Tanpa Keyword
Tentu sangatlah jelas, halaman yang memiliki keyword akan lebih banyak pengunjungnya karena pengunjung tersebut datang dengan keyword yang mereka pakai

– Persaingan Internal
Umumnya hanya satu halaman yang diambil untuk satu website dalam mesin pencarian. Sehingga jika ada keyword yang sama dalam beberapa halaman, maka kamu akan mengalami persaingan dengan websitemu sendiri.

Dan satu hal terakhir yang harus dipahami mengenai keyword yaitu search intent atau maksud dari pencarian tersebut. Contoh sederhananya begini, jika kamu menuliskan ‘beli mobil di google’, apakah yang muncul pertama kali?

1. Artikel mengenai cara atau tips trik membeli mobil
2. Gambar atau video tentang membeli mobil
3. Toko jual beli online yang menjual mobil

Jelas no 3 lah jawabannya. Karena google beserta mesin pencari lainnya sudah menyadari mengenai maksud dari keyword-keyword tertentu. Sehingga sangatlah susah untuk kamu akan mendapatakan artikel dengan kata kunci “beli mobil”.

Sehingga pahami dengan baik keyword yang akan kamu pakai dalam kontenmu, karena akan berbeda hasilnya disaat seseorang mencari sebuah konten di mesin pencari, mesin pencari akan memberikan konten-konten mengenai hal yang dicari, namun jika seseorang mencari sebuah produk, maka mesin pencari otomatis akan memberikan website-website penjualan produk tersebut di bagian hasil peringkat atas. Nah, jadi seharusnya kamu sudah mengerti beberapa hal yang berkaitan dengan content marketing juga SEO.

Baca panduan selanjutnya agar kamu lebih paham tentang seo..

 

1. Konsep dasar SEO5. Off Page SEO
2. On Page SEO6. Link Building
3. Riset Keyword7. Menilai Kinerja SEO
4. Content Marketing