Analisa Kinerja SEO dan Memaksimalkan SEO Dengan Baik

Pengen Blog Kamu Populer? Pelajari Analisa untuk Memaksimalkan SEO Dengan Baik

SEO atau yang lebih akrab dikenal juga dengan Search Engine Optimization merupakan hal yang penting dalam suatu website. Banyak orang yang menganggap bahwa SEO merupakan suatu hal yang harus dilakukan dalam satu kali saja, tidak berkelanjutan. Sayangnya, anggapan tersebut merupakan suatu anggapan yang tidak benar.

Analisa Kinerja SEO dan Memaksimalkan SEO Dengan Baik

Untuk dapat memaksimalkan SEO, kamu harus melakukannya secara bertahap dan berkelanjutan. Kinerja suatu website harus selalu dipantau oleh pemilik dari website tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk kamu mengetahui bagaimana kondisi dan apa saja yang sedang terjadi pada websitenya, seperti terjadi penurunan performa, kenaikan performa, jumlah visitor yang muncul, dan lain-lain.

Jika kamu tidak pernah mengecek jumlah visitor pada website, tentu saja kamu tidak akan tahu mengenai apa saja yang harus dibenahi, apa website yang kamu miliki sudah termasuk dalam kategori baik atau bahkan buruk, dan lain-lain. Oleh karena itu, kinerja SEO harus selalu maksimal dan berlanjut seperti apa yang telah disebutkan diatas. Yuk langsung saja kita bahas mengenai panduan untuk memaksimalkan kinerja SEO dibawah ini.

Panduan Analisa untuk Memaksimalkan SEO dengan Baik

Untuk melakukan langkah-langkah panduan ini, sebelumnya kamu harus minimal sudah terlebih dahulu mengerti mengenai optimasi halaman website On-Page SEO, membangun link dan popularitas dalam Off-Page SEO, dan prinsip Content Marketing dalam SEO. Setelah paham mengenai hal-hal tersebut, anda bisa mencoba untuk langsung masuk ke tahap panduan analisa dibawah ini.

1. Mengintegrasikan Google Analytics dan Search Console

Kedua tools bisa dikatakan cukup penting meskipun orang-orang banyak yang menganggap tools ini tidak terlalu penting. Pastikan anda sudah menginstall Google Analytics, kemudian jika sudah, anda bisa masuk ke bagian search console dan tambahkan website anda.

Memang tools ini tidak akan memberikan hasil yang cepat, kedua tools ini membutuhkan waktu beberapa hari untuk mengumpulkan data. Nantinya, data tersebut dapat digunakan untuk mengoptimasi website secara lanjut. Jika website yang kamu miliki mempunyai sitemap dalam format .xml, kamu bisa langsung submit ke search console sehingga memudahkan google membaca web yang anda miliki.

2. Crawling dengan Alat Bantu

Crawling merupakan proses menjelajah halaman website yang dilakukan oleh mesin pencari sambil mengumpulkan informasi. Crawling bertujuan untuk mengetahui gambaran dari website anda seperti adanya error, adanya broken link, adanya duplikat internal, bahkan hingga meta tag yang kosong.

Untuk melakukan hal ini, anda bisa menggunakan tools berupa ScreamingFrog SEO Spider, WildShark SEO Spider, dan BeamUsUp SEO Crawling Software. Sayangnya, tidak semua tools tersebut dapat didownload secara gratis, misalnya ScreamingFog yang dibanderol dengan harga kurang lebih 99$ per tahun. Namun, jangan khawatir karena kamu juga bisa menggunakan WildShark SEO Spider dan BeamUsUp SEO crawling secara gratis dengan mudah.

3. Melakukan Riset Kata Kunci Lebih Lanjut

Poin panduan memaksimalkan SEO nomor tiga ini sangat cocok jika kamu ingin menjadikan mesin pencari sebagai sumber traffic utama. Penempatan kata kunci harus sesuai dan relevan, penempatannya bisa digunakan dalam judul, meta description, dan konten. Mempelajari cara melakukan penilaian performa keyword juga sangat penting untuk kamu dalam melakukan riset kata kunci ini.

4. Analisa Performa Konten

Halaman website tentunya harus memiliki 80% atau lebih konten. Hal ini dapat diartikan pula bahwa pengaruh konten terhadap SEO setidaknya adalah 80% dari keseluruhan. Buatlah konten yang memuaskan, bagus, dan enak untuk dibaca karena mesin pencari pastinya akan memberikan peringkat atas bagi konten dengan kriteria tersebut.

Itulah beberapa panduan analisa untuk memaksimalkan SEO. Panduan ini bisa disebut cukup singkat karena beberapa langkah detailnya sudah dibahas khusus pada panduan masing-masing. Untuk dapat menguasai dasar-dasar SEO, tentunya kamu harus mengikuti panduannya dari awal kemudian jika sudah paham, saatnya mengaplikasikan ilmu nya pada analisa performa yang telah dijelaskan diatas.

Kategori SEO