Cara Riset Keyword Paling Ampuh [Terbaru]

APA ITU RISET KEYWORD ?
Untuk kamu para blogger, pengembang web, dan semacamnya, bukanlah hal asing dengan kata-kata riset Keyword atau biasa disebut keyword research. Hal ini merupakan sesuatu yang penting dalam mengembangkan suatu situs, entah itu situs jual beli online, blog pribadi, maupun situs-situs berita karena akan mempengaruhi apakah situs tersebut akan terlihat oleh orang-orang yang sedang berselancar di internet atau tidak.

Cara Riset Keyword Paling Ampuh

Pernah lihat kan, jika kita mencari sesuatu di google, ada salah satu situs yang berada di peringkat paling atas , ada juga yang berada di paling bawah, bahkan ada yang berada di halaman paling belakang. Kejadian tersebut dapat terjadi salah satunya karena adanya keyword reaseach, sehingga situs-situs saling bersaing untuk mendapatkan posisi paling atas.

Untuk lebih mengenal mengenai keyword research, gampangnya gini deh. Kamu ingin mencari sesuatu di mesin pencarian google, lalu menuliskan hal tersebut, maka google akan memberikan hasil-hasilnya yang relevan berdasar kata-kata yang kamu tulis. Nah dengan adanya sebuah tool, kita dapat melakukan riset untuk mencari kata-kata yang populer orang-orang ketikkan atau yang jarang diketikkan.

Untuk mendalami tentang riset keyword, silahkan klik riset keyword

MENGAPA RISET KEYWORD (Keyword Research) penting utuk pengembang web?
Jelas dengan adanya tool yang dapat meriset kata kunci yang sering digunakan orang-orang, maka kita tidak akan menemui suatu kejadian dimana kamu sudah capek-capeknya membuat situs yang berisikan artikel, berita, atau apapun itu namun kata kunci yang kamu pakai tidak dipakai oleh seorangpun di muka bumi, Kasihan kan. Maka dari itu sudah seharusnya bagi pengembang situs mengetahui hal ini.

CARA MENGGUNAKAN GOOGLE KEYWORD PLANNER
CARA MENGGUNAKAN GOOGLE KEYWORD PLANNER

Salah satu tool untuk riset Keyword favorit yang sering digunakan oleh orang-orang yaitu tool dari google itu sendiri, Google Keyword Planner. Salah satu tool yang memiliki fitur yang lengkap dan tentunya gratis sehingga banyak yang menggunakannya.

Untuk melakukan risetnya pun tidaklah sulit, berikut tahapan-tahapan caranya:
1. Tulis kata kuncinya.
Kamu bisa menuliskan lebih dari satu kata kunci, dengan cara memisahkannya dengan koma atau line break
2. Pilih negara yang kamu tergetkan
3. Pilih bahasa yang digunakan
4. Tekan “get ideas’, jika sudah selesai

Setelah itu kamu bakal langsung mendapatkan hasilnya seperti gambar dibawah. Disitu terlihat berapa banyak kata kunci yang kamu masukkan beserta kata kunci – kata kunci yang relevan dicari oleh orang-orang perbulannya. Dengan mengetahui data-data tersebut, kita dapat mengoptimasikan web yang sedang kamu bangun agar webmu dapat muncul ke permukaan dan terlihat oleh orang-orang.

Biasanya bagi kamu pengembang web-web baru dan belum dikenal oleh orang-orang, akan lebih fokus untuk menggunakan kata kunci yang lebih sedikit pencarinya, kenapa? Karena pondasi webmu masih belum kuat karena baru, jadi akan lebih bijak jika kamu bersaing di persaingan yang tingkatanya rendah dibanding bersaing dengan web-web yang sudah besar dan ternama.

Agar kamu tidak salah mencari kata kunci, silahkan baca artikel ini mencari niche dan kata kunci non-kompetitif.

MENCARI KEYWORD DENGAN PERSAINGAN RENDAH
Untuk website baru, pasti akan sangat kesulitan jika ingin berada di halaman pertama dengan keyword yang umum, maka untuk mencari jalan keluarnya, kamu harus menggunakan long Tail Keyword

MENGENAL LONG TAIL KEYWORD
MENGENAL LONG TAIL KEYWORD

Yang terakhir untuk kamu mengerti mengenai riset Keyword (keyword research) adalah long tail keyword atau dalam bahasa kita kata kunci berekor panjang. Oke, kenapa disebut berekor panjang? Seperti yang kita lihat di hasil google keyword planner bahwa disediakan juga data kata kunci – kata kunci yang relevan seperti belajar internet marketing, internet marketing , dan pembicara internet marketing.

Nah jika kita logika, kalau kita memilih kata kunci “belajar internet marketing” maka data yang kamu dapat ada 880 orang, namun bagaimana jika kamu menggunakan kata kunci “belajar internet marketing gratis” bukankah kamu mendapatkan 2 kata kunci dalam satu kata kunci, yaitu “belajar internet marketing” dan “belajar internet marketing gratis” itu sendiri. Sehingga nilainya akan 300 ditambah 880.

Namun tentunya segala halnya akan bergantung pada kamu sebagai pengembang situs, jika long tail keyword akan memperburuk situs mu maka jangan digunakan seperti blog-blog pribadi, berita , dll akan tidak cocok jika terpacu pada long tail keyword. Namun jika tidak mempengaruhi apa-apa, gunakan saja untuk mengoptimasi situs yang kamu buat agar lebih cepat terlihat oleh orang orang yang mencari keyword tersebut.

Situs seperti apakah yang cocok untuk menggunakan long tail keyword? Yaitu situs toko jual beli online atau sebutannya e-commerce. karena long tail keyword akan memiliki rate yang lebih tinggi dibanding kata kunci biasa. Alasan bisa terjadi seperti itu adalah, bayangkan jika ada orang yang mengetikkan “laptop biru” dengan orang yang mengetikkan “jual laptop biru bekas”, mana yang lebih niat untuk pergi ke situs jual beli online? See.

Jadi dengan adanya long tail keyword pada situs jual beli online, akan lebih mengarahkan orang-orang yang juga menggunakan long tail keyword tersebut pada mesin pencarian. Karena mereka yang lebih berniat untuk membeli atau menjual sesuatu yang mereka cari dengan spesifikasi lebih rincinya, contoh “jual meja merah baru”, “beli kursi rajut biru”, “jual sarung tangan karet bekas mulus”, dll. Jadi, sudah mulai memahami dan kenal kan dengan riset Keyword yang dijelaskan diatas?

Baca panduan selanjutnya agar kamu lebih paham tentang seo..

Apa itu SEOOff-Page SEO
On-Page SEOKualitas Backlink
Mencari KeywordMemaksimalkan SEO Dengan Baik
Hubungan Content Marketing & SEO