Cara Optimasi SEO On Page Terlengkap [Terbaru]

Apa itu SEO On-Page?

merupakan sejumlah faktor yang digunakan untuk menentukan apakah website kamu teroptimasi atau tidak terhadap mesin pencari berdasarkan isi website itu sendiri. Dengan kata lain kamu harus melakukan optimasi terhadap sebuah website.

On-page ini sangat penting karena bertujuan supaya mesin pencari mengetahui relevan tidaknya website kamu dengan informasi yang ingin diketahui oleh para pengguna. Selain itu juga untuk mengetahui apakah website kamu mempunyai kualitas terbaik.

SEO On Page

Jadi, untuk mendapatkan posisi teratas di mesin pencari, website kamu harus memenuhi dua hal utama: relevan dan kualitas.

Website dengan peringkat tinggi atau posisi teratas di halaman pertama mesin pencari tentu dapat membuat pengunjung semakin tertarik dan menguntungkan bagi perkembangan website itu sendiri.

Lalu bagian mana saja di dalam website yang harus menerapkan SEO On-Page dan bagaimana cara optimasinya? Berikut akan dijelaskan dalam artikel ini.

Konsep SEO On-Page
Sebenarnya terdapat dua kategori optimasi yaitu on-page dan off-page. Off-page SEO akan dijelaskan di bab selanjutnya. Sedangkan On-page ini merupakan hal utama yang harus dipahami terlebih dahulu sebelum menerapkan optimasi yang lainnya.

Sederhananya, teknik on-page ini akan membuat website kamu:
1. Lebih mudah di eksplor oleh para pengunjung
2. Memiliki nilai dan manfaat tinggi
3. Membuat pengunjung lebih betah di website kamu
4. Mesin pencari lebih mengerti struktur website milik kamu

Mungkin kamu akan bertanya:
“kenapa fokus ke pengunjung? Kan, saya ingin optimasi untuk mesin pencari?”

Nah, jawabannya adalah cara mesin pencari seperti Google mengetahui kepuasan pengunjung yaitu dari halaman yang telah mereka kunjungi.

Contoh sederhananya seperti ini, jika seseorang mencari informasi tertentu di Mesin pencari, ia akan masuk ke salah satu website. Jika ternyata isi website kurang memuaskan, tentunya setelah beberapa detik ia akan keluar dari website tersebut.

Korelasinya adalah, mesin pencari ingin menampilkan website-website yang berkualitas dan memuaskan pengunjung, oleh karena itu, website kamu harus memenuhi kebutuhan itu agar dimunculkan oleh mesin pencari di halaman nomor satu.

Memaksimalkan SEO On-Page.

Komponen Halaman Website yang Optimal
Setidaknya ada 11 faktor yang mempengaruhi kepuasan pengunjung. Kesepuluh faktor tersebut yaitu konten, keyword, Template, Judul, URL, media gambar, meta description, outbound link, internal link, kecepatan website, dan social sharing. Masing-masing faktor akan dibahas rinci berikut ini.

1. Konten yang Berkualitas Baik dan Penuh Informasi

Tanpa konten yang berkualitas dan mengandung informasi, mustahil sebuah website mendapat peringkat pertama mesin pencari. Karena konten merupakan unsur penting dan utama dalam sebuah website.

Bagaimana konten yang berkualitas baik? Kenali ciri-cirinya berikut :
a. Konten dapat memberikan manfaat optimal bagi pengunjung website
b. Mengandung informasi yang lebih menonjol daripada website lain dengan konten sejenis
c. Pengunjung menyimak konten dalam waktu yang lama
d. Menimbulkan perasaan tertentu seperti terhibur, bahagia, takjub, terkesima dst.
e. Dapat menyelesaikan masalah para pengunjung

Jika menginginkan peringkat pertama di mesin pencari, kuasai dan penuhi kelima ciri tanpa terkecuali. Karena faktanya, Google (mesin pencari terbesar saat ini) mengatakan secara terang-terangan menolak konten dengan ciri :
a. Tidak berisi sama sekali
b. Tidak memberikan nilai tambah dan pembeda bagi para pengunjung
c. Tidak asli atau hasil jiplakan
d. Menimbulkan frustasi pada pembaca karena tidak berkualitas

Sekali konten kamu termasuk salah satu kategori saja seperti di atas, akan sangat susah untuk mendapatkan peringkat tertinggi di Mesin pencari.

Bahkan yang lebih parah adalah, konten seperti itu sudah pasti bisa mendapatkan penalti !

Mesin pencari, termasuk Google, selalu berusaha aktif memperbarui alogaritmanya. Jadi dari waktu ke waktu mereka akan lebih memahami konten-konten yang berkualitas maupun yang tidak.

Untuk membantu kamu menciptakan konten berkualitas baik, silahkan baca panduan berikut :
5 Hal yang membuat kontenmu berkulitas
Panduan menulis artikel yang baik

2. Keyword dengan sasaran tepat dan populer

Cara selanjutnya dalam SEO On-Page yaitu keyword yang tepat sasaran dan populer. Ketika kamu memasukkan sebuah keyword di mesin pencari, maka Mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa, jika keyword semakin relevan, maka peringkatnya semakin tinggi.

Dengan kata lain, mengoptimasi halaman sama dengan mengoptimasi keyword.

Cara mengoptimasi halaman tentu saja dengan menyertakan paling tidak satu keyword pada setiap halaman. Tulis keyword pada konten, judul, juga di URL halaman.

Dengan cara ini, mesin pencari akan memahami isi konten kamu dan langsung menunjukkannya pada pengunjung yang membutuhkan informasi dalam konten tersebut. Kamu juga harus memahami apa itu keyword. Ilustrasi sederhananya seperti ini :

Jika seseorang menggunakan keyword “beli Samsung” pada mesin pencari, apa maksudnya ? Informasi apa yang ingin ia dapat ?

Apakah ia ingin membeli Samsung atau ingin membaca artikel mengenai bagaimana cara membeli Samsung ? Tentu yang pertama lebih mungkin dan masuk akal.

Mesin pencari pun memahami ini sehingga langsung menampilkan halaman-halaman yang menjual Samsung.

Sebagian besar orang pun jika mengetikkan keyword itu, pasti ingin informasi tentang produk – produk Samsung. Jadi, mustahil sekali mendapatkan peringkat pertama jika kamu membuat konten tentang bagaimana cara membeli Samsung.

Tools terbaik untuk riset keyword sekarang ini adalah ahfres dan Google Adword

3. Gunakan Template Responsive

Template Responsive adalah template yang dapat menyesuaikan dengan device yang dipakai oleh pengunjung. Template seperti ini sering disebut juga mobile friendly
Gunakan Template Responsive
 

4. Judul konten yang mengundang “klik”

Selain menyertakan kata kunci dalam judul konten website, kamu juga perlu membuat judul yang menarik dan mengundang pengunjung untuk membaca. Ini salah satu teknik optimasi yang sangat mudah.

Semakin banyak pengunjung maka akan semakin naik peringkat website kamu. Inilah fungsi mengapa harus memahami dan melakukan SEO On-Page.
Judul konten yang mengundang “klik”

Ketika ada dua website yang hampir sama dan bersaing, salah satu di peringkat 1 dan yang lain peringkat ke 2. Sangat besar kemungkinan website peringkat ke 2 untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung daripada pesaingnya. Karena website peringkat ke 2 memiliki judul yang unik dan menarik sehingga banyak yang klik link website tersebut.

Karena itu, Mesin pencari akan menaikkan peringkat website tersebut menjadi peringat ke 1.

Alasanya adalah, judul merupakan hal pertama yang dibaca pembaca saat melakukan pencarian. Kesimpulannya, mengoptimasi judul akan menambah jumlah pengunjung.

Untuk membuat judul silahkan klik cara membuat judul yang menarik

 

5. URL Singkat tapi Deskriptif

URL memang tidak memberikan pengaruh yang besar, namun jika URL mengandung kata kunci pencarian, maka peringkat website kamu bisa naik di hasil pencarian tersebut.

Seperti apa URL yang sangat tidak direkomendasikan untuk dibuat? Begini contohnya:

· begoblog.id/?p=95

Kalau ingin peringkat website kamu naik, buatlah URL yang relevan dengan isi konten seperti:

· Konten membahas “panduan seo” >> begoblog.id/panduan-seo/
· Konten produk “Iphone termurah” >> begoblog.id/Iphone-termurah/

URL yang baik adalah URL yang mewakili tema konten, apalagi jika mengandung kata kunci pencarian.

Namun, jika kamu menggunakan CMS seperti blogspot, hal terebut tidak dapat dilakukan karena pada urlnya akan menampilkan bulan dan tahun artikel itu di publish, jadi jika ingin membuat url seperti diatas kita harus menggunakan hosting sendiri dan salah satunya yang popular sekarang adalah wordpress self hosted, namun perlu kamu ketahui bahaya menggunakan wordpress self hosted bagi pemula.

 

6. Meta Description cukup deskriptif juga mengundang “klik”

Meta Description merupakan 1 atau 2 kalimat yang muncul pada hasil pencarian. Sebenarnya Meta description tidak selalu muncul dalam hasil pencarian dan tidak mempengaruhi peringkat website kamu. Karena Mesin pencari cenderung dan lebih sering menggunakan beberapa kalimat di konten kamu untuk dimunculkan di hasil pencarian.

Namun mengoptimasi bagian ini juga mengapa tidak. Semakin menarik meta description suatu website, maka semakin tinggi kemungkinan seseorang mengunjungi website tersebut.

7. Gambar ilustrasi beresolusi tinggi.

Website yang hanya berisi teks tentu sangat membosankan. Menggunakan gambar, video, maupun ilustrasi pasti menjadi nilai tambah tersendiri.

Menggunakan multimedia dalam suatu konten sama sekali tidak merugikan. Yang merugikan itu adalah jika terlalu banyak multimedia yang digunakan karena dapat membuat komputer pengunjung website macet dan loading terlalu lama. Terlebih lagi jika gambar tidak berkaitan dengan konten.

Gunakan tips ini untuk pemilihan multimedia SEO On-Page:
a. Gunakan multimedia yang berkaitan dengan konten
b. Pilih tipe ekstensi file yang tepat agar ukuran file tidak besar
c. Jika menggunkaan gambar, pastikan beresolusi tinggi
d. Kompres gambar yang ukurannya terlalu besar
e. Tambah atribut alt saat menambahkan gambar

Baca juga : bahaya memakai gambar dari google

8. Referensi ke Website lain dalam Bentuk Link

Ini poin penting khususnya untuk website baru. Website yang baik menurut Mesin pencari adalah jika menyediakan konten yang terpercaya dan valid sehingga tidak menyesatkan pembaca. Maka dari itulah mengapa website besar lebih mudah masuk di halaman pertama bahkan peringkat pertama, karena mempunyai reputasi yang bagus dan sudah dibangun sejak lama.

Untuk website yang masih baru, Mesin pencari menilai isi website tersebut belum bisa dipercaya. Sehingga masih cukup susah mendapatkan peringkat yang tinggi.

Pencantuman referensi bisa membantu kendala ini. Jika kamu menambahkan link ke website lain dengan reputasi bagus dan tentunya relevan dengan konten kamu, akan mempengaruhi reputasi website kamu sehingga menjadi lebih baik.

Bisa diibaratkan seperti sebuah buku ilmu yang menambahkan catatan kaki atau referensi. Tentunya jika buku ilmu tidak menambahkan itu maka akan dinilai sebagai buku yang kurang terpercaya.

 

9. Mempermudah navigasi dengan internal link

Dalam dunia SEO On-Page website, terdapat istilah yang dikenal sebagai bounce. Arti bounce adalah, saat pengunjung memasuki website, lalu dia keluar dari website tanpa melakukan apa-apa.

Mengapa bounce bisa terjadi ? Kemungkinannya ada 2 :
· Kualitas website / konten mengecewakan
· Navigasi website susah

Jika dua hal ini terjadi, sudah pasti website tersebut tidak bisa mendapatkan peringkat yang tinggi. Semakin besar bounce rate, semakin sulit naik peringkat.

Salah satu cara menurunkan bounce rate atau meminimalisir terjadinya bounce rate adalah dengan memasang link antar halaman di website kamu agar visitor atau pengunjung tidak langsung keluar website tanpa mengunjungi halaman yang lain.

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara membangun struktur website internal link

 

10. Kemudahan dalam Social Sharing

Memang saat ini peringkat website tidak ditentukan dari jumlah share link kamu oleh Mesin pencari. Namun disinilah pentingnya social sharing. Mengapa? Memang dampaknya tidak langsung namun, dengan adanya social sharing, jumlah orang yang mengunjungi website kamu bisa bertambah.

Apa manfaat lain dari social sharing selain menambah pengunjung?
· Semakin dikenalnya brand website kamu
· Bertambahnya faktor kepuasan
· Dan kemungkinan adanya backlink dari pengunjung website kamu

Faktanya, social sharing lebih cepat membangun brand daripada SEO.

Bisa disimpulkan bahwa semakin terkenal sebuah website, maka orang-orang akan mencari website itu di Mesin pencari. Reputasi website pun secara otomatis meningkat.

Jika kamu sudah memasang tombol share, tinggal membuat elemen pemicu popularitas di konten kamu agar lebih menarik perhatian.

Kemudian gunakan elemen pemicu popularitas untuk membuat konten yang menarik untuk di-share.

 

11. Kecepatan merespon dan hambatannya

Kecepatan merespon dan hambatannya

Cara terakhir dalam SEO On-Page yaitu menaikkan kecepatan respon website. Website yang lebih cepat dalam mengaksesnya, tentunya akan mendapatkan peringkat teratas.

Perlu diketahui bahwa Google baru mengeluarkan pernyataan bahwa menggunakan kecepatan akses sebagai salah satu pertimbangan mendapatkan peringkat website yang lebih baik.

Semakin cepat akses website kamu, maka pengunjung juga semakin nyaman karena tidak membuang-buang waktu. Sekaligus meningkatkan peringkat website kamu.

Lalu apa saja yang mempengaruhi tingkat kecepatan ?
· Kualitas hosting yang website kamu gunakan
· Jumlah file .js serta .css dalam <head>
· Ukuran halaman terlalu besar

Jika kamu menambahkan gambar maupun video, kecepatan website tidak akan turun kecuali jumlahnya berlebihan. Kecepatan website kamu bisa diuji menggunakan Page Speed test. Jika skornya di bawah 75, maka segera menuju website kamu dan lakukan perbaikan.

Baca panduan selanjutnya agar kamu lebih paham tentang seo..

Tentang SEOSEO Off-Page
SEO On-PageMembangun Backlink
Mencari Kata KunciMemaksimalkan SEO
Hubungan Content Marketing dan SEO
Kategori SEO